Jumat, 02 Januari 2009

Review PHP

PHP, 'PHP: Hypertext Preprocessor', adalah suatu bahasa pemrograman web yang digunakan untuk keperluan CGI (Common Gateway Interface), artinya mempunyai kemampuan untuk membaca variable dari client dan mengirimkan ke server untuk kemudian di server diolah dan hasilnya dikembalikan ke client.

PHP merupakan bahasa pemrograman web dinamis layaknya ASP, JSP, Perl dan sebagainya yang bersifat Server Side artinya bahwa program hanya bisa diakses melalui server, sedangkan client tidak bisa mengakses program PHP. HTML hanya berguna untuk desain, saat kita browsing, maka yang kita lihat itu sebenarnya adalah interprestasi dari HTML. Sebagai contoh saat kita menggunakan YahooMail untuk mengirim email, maka tampilan yang dapat kita lihat tersebut merupakan interprestasi dari HTML, sedangkan untuk dapat mengirim email, digunakan bahasa pemrograman web seperti PHP.






Script PHP harus terletak diantara tag PHP yaitu , sehingga script PHP disamping dapat berdiri sendiri juga dapat disisipkan pada script HTML. Sedangkan ekstensi dari script PHP harus digunakan .php dan bukannya .html meskipun didalam script PHP terdapat script HTML. Penggunaan spasi dalam penulisan script PHP tidak akan berpengaruh pada hasil tampilan pada halaman browser karena script PHP akan dibuat ulang dan dikirimkan ke browser sudah berupa murni script HTML (tanpa script PHP). Komentar program dapat ditambahkan dengan menggunakan tanda seperti pada bahasa C yaitu “/*” dan “*/”, C++ yaitu “//” atau Bourne Shell yaitu “#”.


File PHP berikut ini sedikit menggambarkan tentang cara penulisan script PHP :




Hasil output :






echo di PHP berfungsi untuk menuliskan sesuatu ke browser. Saat phphelloworld.php kita browse dan dilihat sourcecode-nya maka akan tampil seperti dibawah ini :





Hal ini berarti bahwa user yang mem-browse script php hanya akan melihat scriptnya sebagai script html, sedangkan script php-nya tidak terlihat. Berbeda dengan HTML, script PHP membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, karenanya kita harus berhati-hati dalam penulisan script PHP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar